Hiroshima University Jajaki Kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Udayana di Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui Program 3+1

Denpasar, 27 Juni 2024 - Hiroshima University, Jepang, melalui Alumni Association Indonesia, berencana menjalin kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Udayana. Pertemuan ini berlangsung pada Kamis, 27 Juni 2024, dari pukul 09.00 hingga 11.00 WITA di Ruang Rapat Senat, Gedung Agrokomplek Fakultas Pertanian, Universitas Udayana, Denpasar, Bali.


Pertemuan dihadiri oleh Dr. Gusti Ngurah Alit Susanta Wirya, S.P., M.Agr (Dekan Fakultas Pertanian Unud), I Putu Sudiarta, S.P., M.Si., Ph.D. (Wakil Dekan I), Prof. Dr. Ir. I Gede Putu Wirawan, M.Sc (Ketua Laboratorium Sumber Daya Genetik dan Biologi Molekuler), dan Prof. Dr. Ir. Dewa Ngurah Suprapta, M.Sc (Ketua Laboratorium Biopestisida). Dari Hiroshima University hadir Teruo Maeda, Ph.D (International Office Professor Emeritus) dan Abe Eiko Juliana (Alumni Association Indonesia).


Pertemuan membahas Program 3+1, yang memungkinkan mahasiswa asing menyelesaikan tahun terakhir studinya di Hiroshima University mulai September. Program ini bertujuan memperkuat kerjasama akademik dan penelitian antara kedua universitas melalui kegiatan dosen tamu dan seminar internasional serta penelitian kolaboratif.


Pentingnya penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) juga dibahas untuk memperkuat kerjasama ini. Diharapkan, MoU akan membuka peluang bagi mahasiswa dan dosen dari kedua universitas untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman, sehingga mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian.


Pertemuan ini menandai awal kolaborasi erat antara Hiroshima University dan Universitas Udayana. Kedua pihak optimis kerjasama ini akan membawa manfaat besar bagi kemajuan pendidikan dan penelitian pertanian, serta mempererat hubungan akademik internasional antara Indonesia dan Jepang.