Workshop Pelayanan Publik Fakultas Pertanian Universitas Udayana 2024
Fakultas Pertanian Universitas Udayana terus mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan publik dengan melakukan workshop pelayanan publik Fakultas Pertanian Universitas Udayana 2024 di The Sila's Agrotourism Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali. Kegiatan ini diikuti oleh jajaran Dekanat FP Unud, para Koordinator Program Studi di lingkungan Fakultas Pertanian, beserta para tenaga kependididkan yang dilaksanakan Minggu, 17 November 2024. Pada kesempatan itu hadir pula Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Udayana Dr. Gusti Ngurah Alit Susanta Wirya, S.P., M.Agr.
Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap Zona Integritas Fakultas Pertanian Universitas Udayana terutama kepada para stakeholder yang berkaitan dengan menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Workshop kali ini mendatangkan narasumber Dr. Luh Komang Candra Dewi, S.E., M.M., dengan tema “Miracle of Service Excellent”. Dekan Fakultas Pertanian, I Putu Sudiarta, Ph.D. menyampaikan bahwa pelayanan publik menjadi salah satu instrumen kunci untuk menunjang akreditasi program studi dan fakultas pada khususnya dan universitas pada umumnya. Sehingga, pelayanan publik ini menjadi nilai khusus yang harus menjadi perhatian dari semua aspek manajemen dalam perguruan tinggi.
Candra menyampaikan habit adalah kunci agar menjadi hebat. Disamping habit, konsistensi juga merupakan hal yang harus menjadi perhatian. Di era sekarang ini, branding merupakan hal yang menjadi perhatian, terutama bagi Generasi Z. Candra mengatakan service excellent is first impression, if you good looking, you feel good. Ulasan di berbagai platform menjadi salah satu tujuan utama para stakeholder untuk menilai bagaimanakah pelayanan serta informasi yang bisa didapatkan ketika membuka platform-platform oleh konsumen. Konsumen tersebut bisa dari masyarakat, mahasiswa, dosen, dan pegawai. Salah satu platform seperti Google Review dengan ulasan yang dibuat konsumen yang perlu dibalas. Melayani konsumen dengan tujuan konsumen menjadi puas, di mana puas diekspresikan dengan semangat dan ceria. Disamping itu, Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hal yang paling utama, karena ujung tombak pelayanan ada di bagian SDM yang bersentuhan langsung dengan konsumen.
UNIVERSITAS UDAYANA