“WORKSHOP GIS DASAR UNTUK MENYONGSONG PERCEPATAN KEBIJAKAN SATU PETA DAN INDUSTRI 4.0”

Sistem Informasi Geografis sudah bukan merupakan hal yang baru. Tidak hanya untuk perencanaan tata ruang, SIG penting dalam berbagai kepentingan. Sebagian besar Kementerian/Lembaga dewasa ini menerapkan SIG dalam  menjalankan kegiatannya. Dengan demikian, sumber daya manusia yang menguasai SIG sangat dibutuhkan dalam mengoperasikan perangkat SIG dan mengelola informasi geospasial pada masing-masing instansi.

Workshop GIS dasar yang dilaksanakan Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIIG) Universitas Udayana diikuti oleh 12 peserta. Kegiatan  Workshop ini bertempat di Ruang Sidang Senat Fakultas Pertanian, Gedung Agrokomplek Lt. 2 Jl. PB. Sudirman, Denpasar. Masing-masing perserta terdiri dari 4 peserta dari Pemerintah Daerah, 6 peserta dari akademisi dan 2 peserta dari mahasiswa.  Peserta dari Pemerintah Daerah tersebut berasal dari DLHK Kabupaten Buleleng (1), DLHK Kota Denpasar (1), PUPR Kota Denpasar (2), dari akademisi STPBI Denpasar (1),  akademisi Univeritas Udayana (5) dan mahasiswa dari Universitas Udayana (2 peserta).

Pada kesempatan tersebut, bapak Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana Prof. Dr.Ir. I Nyoman Rai, M.S. di dampingi oleh sekretaris Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIIG) Universitas Udayana  Ir. Tati Budi Kusmiyarti, MP. secara langsung membuka acara  workshop tersebut. Workshop GIS Dasar ini  berlangsung pada 25 April – 26 April 2019 dengan materi : Peran SIG untuk Kebijakan Satu Peta dan Industri 4.0 dan Penginderaan Jauh dan Manfaatnya untuk Menyongsong Percepatan Kebijakan Satu Peta dan Industri 4.0 yang diisi oleh Abd. Rahman As-syakur,S.P.,M.Si, sedangkan pemaparan materi dan praktek berupa Instalasi QGIS, Pengenalan Fitur QGIS, Pembuatan Sistem Referensi Koordinat, Proses Pengolahan Data Raster, Proses Koreksi Geometrik, Proses Pengolahan Data Vektor, Penyusunan Layout dan Penyimpanan Layout diisi oleh Putu Perdana Kusuma Wiguna, S.Si.,M.Sc.

Workshop GIS Dasar ini ditujukan bagi peserta yang belum mengenal teknologi GIS. Target yang ingin dicapai dari pelatihan ini adalah peserta memahami konsepsi dasar pemetaan, konsepsi dasar SIG dan mampu menyusun dan mengelola basisdata serta menyajikan informasi dalam bentuk peta. Tujuan pelatihan SIG tingkat dasar adalah membekali peserta dengan pengetahuan dan ketrampilan dalam pemanfaatan teknologi SIG. Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu membangun basisdata geospasial, mengolah dan memanipulasi basisdata geospasial serta mampu menyajikan informasi geospasial. (Khloro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *