Pertukaran Petani Muda Fakultas Pertanian Universitas Udayana 2019 ke Isehara-Shi, Kanagawa-Ken, Jepang

Pertukaran pelajar, merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Udayana. Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan tersebut, pada umumnya dijelaskan untuk menambah wawasan mahasiswa terkait (pertukaran) dan mampu mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan di tempat asal mereka. Besar harapan seluruh civitas FP Unud, agar mahasiswa yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan pertukaran ini, mampu mengentaskan permasalahan petani masa kini.

Seperti yang dilaksanakan oleh Dewa Agung Putra Agung, selaku mahasiswa jurusan agroekoteknologi angkatan 2015 dan Made Getas Pudak Wangi selaku mahasiswi jurusan agroekoteknologi angkatan 2016. Mereka terpilih menjadi kandidat mahasiswa pertukaran ke Isehara-Shi, Jepang tahun ini. Berdasarkan keterangan Bapak Alit Susanta Wirya, selaku dosen FP Unud yang membantu keberlangsungan kegiatan pertukaran ini “NPO Dharma Sentana dan Tako-Tako Agare Isehara, Jepang tahun ini kembali membuka kesempatan untuk kita bekajar ke negaranya. Tentu sebelum keberangkatan, mereka (kandidat pertukaran pelajar) diwajibkan untuk membuat sebuah essay mengenai pertanian di Bali. Selain itu, kami juga memilih mahasiswa yang sekirany sudah mulai ataupun telah memiliki usaha di bidang pertanian”.

Akrab dipanggil Dewa dan Pudak, kedua mahasiswa perwakilan FP Unud untuk kegiatan pertukaran petani muda ke Isehara, Jepang ini memulai perjalanannya pada tanggal 10 Maret 2019 dan acara berlangsung sampai dengan tanggal 17 Maret 2019. Menurut keterangan Bapak Alit Susanta Wirya, “Pendanaan dalam pekajsanaan kegiatan ini, dibantu oleh NPO Dharma Sentana dan Tako-Tako Agare Isehara, Jepang” (Khloro).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *