Kunjungan Mahasiswa FP UNIVERSITAS TRIBHUANA ke Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Udayana

 

Sebanyak 381 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Tribhuana Tunggadewi, Malang (FP Unitri) berkunjung ke Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Udayana Jl. Pulau Moyo No. 16X, Denpasar, Bali pada Jumat 1 Maret 2019. Kunjungan tersebut dimulai pada pukul 10.00 WITA dengan agenda pembukaan oleh Wakil Dekan II FP Unud dan Dekan FP Unitri, sambutan Kepala Koordinator Program Studi Arsitektur Pertamanan dan Koordinator Program Studi Agribisnis FP Unud serta dilanjutkan dengan ramah-tamah dan tour di KPFP.

Kunjungan yang dilaksanakan oleh Universitas Tribhuana, Kamis (01/03) dibuka oleh Dr. Ir. I Ketut Suada, M.P selaku Wakil Dekan II FP Unud. Dekan Tribhuana menjelaskan bahwa program kunjungan ke kampus lain yang terdapat Fakultas Pertanian ini tentunya sudah terjalin sedari dulu. “Kunjungan seperti ini merupakan agenda tahunan dari adek-adek mahasiswa himaprodi kemudian dikoneksikan dengan proker prodi sehingga ini sudah berlangsung cukup lama, tetapi baru tahun ini kami satu kali berangkat. Biasanya hanya masing-masing prodi satu atau dua bis saja” tutur Dr. Ir. Amir Hamzah M.P.

Tidak hanya itu, beliau juga menjelaskan tujuan sederhana dari acara ini adalah mahasiswa FP Unitri bisa berinteraksi dengan  mahasiswa perguruan  tinggi lainnya.  Sejalan dengan  tujuan Dekan Unitri, menurut pesan dari Kemenristekdikti kita harus bisa mencari kawan untuk berkolaborasi dalam berbagai hal di era seperti sekarang ini. Selain itu beliau juga berharap dengan  adanya  kegiatan  seperti  ini  bisa  menjadi  ajang  saling  bertukar  informasi  antar perguruan  tinggi.  “Tujuan  kedua  yang  saya  syukuri  adalah  kami  (red,  FP  Unitri)  selalu berinteraksi dengan teman-teman perguruan tinggi lainnya sehingga selalu ada kegiatan yang terinformasikan.”

Rombongan Universitas Tribhuana berangkat pukul 3 sore dari kediamannya, dan sampai di Bali pukul 3 pagi. Perjalanan yang memakan waktu cukup panjang ini ternyata meninggalkan kesan tersendiri  pada  mahasiswa.  Terbukti dengan  persiapan  penyambutan  yang  terbilang  cukup cepat dan sederhana mahasiswa FP Unud dibantu dosen dan karyawan tentunya mampu menyuguhkan kesan ramah dan hangat. Keakraban mampu mencairkan dua kebudayaan yang berbeda. Ini dibuktikan dengan tour keliling Kebun Percobaan FP UNUD yang di pandu oleh ketua HIMAGRI. Walau disinari terik matahari di KPFP, tidak menyulutkan semangat dari mahasiswa  Program  Studi  Agribisnis  FP  Unitri.  Tidak  berhenti  pada  sesi  tour,  kegiatan kunjungan dilanjutkan dengan  sharing kegiatan di Studio Lanskap, Program Studi Arsitektur Pertamanan tidak luput jadi perbincangan.

Selly mahasiswa FP UNITRI angkatan 2016 merasakan sendiri manfaat dari keberlangsungan acara ini. “Kalo dari aku sendiri sih manfaatnya (lebih memperbanyak) partner kerja. Koneksi- koneksi emang sangat berguna.” Papar Selly. Menurutnya FP Unud mampu memberikan kesannya tersendiri. “Kesannya sih seneng ya, semoga kita nantinya makin akrab lagi istilahnya nanti pas lulus gak tau sini (FP Unud) aja. Kalo buat kita (FP Unitri) karna kampus kita lebih kecil dari Udayana semoga kita bisa lebih banyak belajar lagi.”

 

Dengan keterbukaan dan dilandasi dengan latar belakang yang sama menjadikan FP UNUD dan FP UNITRI bisa saling membuka diri dan bekerja sama dalam banyak hal kedepannya. (del/rah/khlorofil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *