Kuliah Dosen Tamu Prodi Agribisnis FP Unud

Pertajam Alat Analisis, Dosen Prodi Agribisnis Belajar Dynamics Modeling.

 

Dalam upaya meng-upgrade kemampuan analisis agar mampu mencari solusi atas berbagai persoalan sosial ekonomi pertanian, Prodi Agribinis FP Unud mengundang dosen tamu dari Dr. Irman Firmansyah, M.Si dari Institut Pertanian Bogor.  Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (14/5) di Gedung Agrokompleks Kampus Unud Denpasar dan dihadiri seluruh dosen Prodi Agribisnis FP Unud.  Ketua Panitia Kuliah Dosen Tamu, Dr. Ir. I Made Sudarma, MS menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk mempertajam alat analisis bagi peneliti sosial ekonomi. “Kami tidak ingin dosen-dosen agribisnis, alat analisisnya monoton, dengan kuliah dosen tamu ini diharapkan memberi wawasan dan ketrampilan dalam menggunakan alat analisis berkaitan dengan dynamics modeling,” tutur Ketua PPLH Unud itu.

 

Dr. Made Sudarma yakin sebuah alat analisis akan tidak berarti apa-apa jika habis pelatihan tidak digunakan. Oleh karena itu, dia berharap dosen-dosen agribisnis tergerak untuk mengaplikasikan dalam penelitian-penelitian berikutnya. “Sekarang minimal pernah mendengar dulu lah, tapi bagi teman-teman yang sedang S3 ini sangat berguna. Semoga ada satu atau dua orang yang menggunakan pada penyesaian disertasinya,” pungkasnya.

Kooprodi Agribisnis Dr. Ir. IDP Oka Suardi, M.Si menyatakan sependapat mengingat tuntutan perkembangan jaman agar dosen-dosen agribisnis menguasai alat analisis yang terkini. Pihaknya akan memperbanyak kuliah dosen tamu sejenis dengan topik yang berbeda-beda. Dr. Oka Suardi berharap dosen-dosen agribisnis selalu semangat mengikuti pelatihan. “ Dari 33 dosen Agribisnis, 10 orang Guru Besar, 17 Doktor dan enam orang sedang S3, semoga kegiatan ini memberi manfaat yakni memberi inspirasi dan penyegaran,” tuturnya.

Dosen Tamu Dr. Irman Firmansyah menyatakan bahagia bisa hadir di Prodi Agribisnis FP Unud. Dosen muda nan enerjik ini memberi pemaparan teori untuk penyamaan persepsi tentang metode analisis sosial baik kuantitatif dan kualitatif, dan juga pelatihan. Dosen-dosen agribinis mengikuti kegiatan dengan penuh kegembiraan serta serius mendengarkan dan mendebat penjelasan-penjelasan sang dosen tamu. Seluruh peserta memberi kesan positif dan meyakini materi yang diterima dari dosen tamu sangat bermanfaatkan dalam merecharging kemampuan analisisnya dibidang penelitian sosial. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *