Kementrian Pertanian Timor Leste kirim Staf untuk belajar Ubinan di Fakultas Pertanian Unud

Menindaklanjuti MOU antara Universitas Udayana dengan Kementrian Pertanian dan Perikanan Timor Leste, dibuat sebuah pelatihan Ubinan di Fakultas Pertanian Universitas Udayana (Unud) khususnya pada Program Studi Pasca Sarjana Lahan Kering. Pelatihan ini diberikan secara langsung oleh salah satu dosen Fakultas Pertanian Unud, yakni Dr. Ir. Gede Wijana, M.S.

Menurut penuturan Wijana, ada 12 orang staf Kementrian Pertanian dan Perikanan yang mengikuti pelatihan yang berlangsung dari tanggal 2 Desember hingga 14 Desember 2019 ini. “Pelatihan yang diberikan adalah pelatihan ubinan, untuk memprediksikan hasil tanaman,” tuturnya usai pembukaan pelatihan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Unud, Senin, 2 Desember 2019. Selain pelatihan Ubinan, lanjutnya, selain mendapatkan pelatihan secara teoritis. Peserta juga akan mendapatkan pelatihan ke lapangan langsung. Seperti pelatihan tanaman anggur di Singaraja, tanaman bawang di Bangli, tanaman jambu kristal di Plaga dan sayur mayur di Bedugul, Tabanan.¬† “Setelah pelatihan ini, kami dari Universitas Udayana akan meninjau dan membimbing langsung juga ke Timor Leste, untuk melihat bukti nyata dari hasil pelatihan ini,” tutur Dosen Konsentrasi Agronomi dan Hortikultura tersebut.¬†

Senada dengan Wijana, Diretora General da Agricultur dari Kementrian Pertanian dan Perikanan Luar Negeri, Maria Odete do Ceu Gutters, P.hD menyampaikan sangat senang dapat bekerjasama dengan Universitas Udayana. Karena ditinjau dari segi geografis, Bali dan Timor Leste tidak berbeda jauh. “Sehingga kegiatan Pertanian yang ada di Bali dapat di implementasikan di Timor Leste,” ucapnya. Lebih lanjut, Dekan Fakultas Pertanian Unud Dr. Ir. I Nyoman Ustriyana, MM mengatakan sangat mengapresiasi Kementrian Pertanian dan Perikanan Timor Leste yang telah mengirimkan Sumberdaya Manusia untuk mengikuti pelatihan di Bali. “Semoga kerjasama bisa berlanjut ke bidang-bidang lainya, bukan hanya di bidang Pertanian,” tuturnya. (khloro/luhtu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *