GenBI Berkebun di KPFP

Genbi atau Generasi baru Indonesia, merupakan komunitas untuk penerima beasiswa dari Bank Indonesia. Komunitas Genbi di provinsi Bali untuk saat ini hanya diperuntukan untuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang ada di Provinsi Bali, seperti Universitas Udayana dan Universitas Pendidikan Ganesha. Adapun jumlah penerima beasiswa BI di PTN Provinsi Bali keseluruhan berjumlah 100 orang. Sebanyak 50 orang dari Universitas Udayana dan sebanyak 50 orang sisanya dari Universitas Pendidikan Ganesha. “Energi Untuk Negeri” adalah jargon dari Genbi itu sendiri.

Pada Sabtu (05/01), komunitas Genbi Bali mengadakan kegiatan “Genbi Berkebun”. Kegiatan ini merupakan program kerja yang dinaungi oleh divisi lingkungan hidup Genbi 2018. Adapun tema dari kegiatan Genbi Berkebun  kali ini mengusung “Generasi Baru Peduli Inflasi”. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah, untuk mendukung program menanam cabai BI sebagai bentuk gerakan peduli inflasi, meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan melalui kegiatan budidaya tanaman secara organic dan ramah lingkungan, serta untuk mempererat tali persaudaraan seluruh anggota Genbi Bali. Hal tersebut diterangkan oleh Nonik Tian Purnami selaku Ketua Panitia Genbi Berkebun 2019.

Kegiatan Genbi Berkebun bertempat di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Udayana. Kegiatan ini menyewa 0.5 are KPFP untuk kegiatan Genbi Berkebun yang berlangsung mulai dari Bulan Januari sampai dengan Bulan April 2019. Jumlah peserta untuk kegiatan ini terdata sebanyak 100 orang, yang terdiri dari anggota Genbi Bali Unud dan Undiksha. Adapun sumber pendanaan kegiatan ini berasal dari kas Genbi Bali. Adapun rangkaian acara dari Genbi Berkebun ini terdiri dari empat rangkaian acara, antara lain ; Kegiatan persiapan lahan, berlangsung mulai dari tanggal 5 Januari 2019 sampai dengan 12 Januari 2019; Kegiatan Penanaman berlangsung pada tanggal 13 Januari 2019. Adapun bibit yang ditanam adalah bibit tanaman jagung dan cabai. Selain itu Genbi Berkebun juga mengajarkan pesertanya tata cara berkebun secara hidroponik; Kegiatan Pemeliharaan Tanaman dilaksanakan mulai dari Bulan Januari sampai dengan Bulan April; dan terakhir adalah Kegiatan Pasca Panen yang dilaksanakan pada Bulan Maret dan Bulan April. (Khloro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *